MANAJEMEN
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Seperti
halnya dengan suatu orgaisasi bahwa untuk menjalankan suatu organisasi perlunya
suatu manajemen organisasi, begitu pula pendidikan anak usia dini memerlukan
manajemen untuk mengatur supaya berjhalan dengan baik.
Manajemen
PAUD dilaksanakan sesui dengan funsi manajemen yaitu :
1.Perencanaan
2.Pengorganisasian
3.Kepemimpian
atau actuating
4.Pengendalian/
Evaluasi
Penjabaranya
adalah:
Perencanaan:
meliputi merencanakan bagaimana struktur, apa apa yang akan dilakukan dalam
mengelola PAUD dengan dilandasi dasar – dasar pembuatan/pendidrian PAUD pada
umumnya serta stadndarisasi PAUD yang telah ditetapkan olejh pemerintah secara
umum.
Perencanaan
paud seperti:
a)
a.Merencanakan
pendirian sekolah PAUD.
b)
b.Menyiapkan
surat izin kelembagaan beserta persyaratannya.
c)
c.Mengadakan
perekrutan guru untuk PAUD sesuai dengan standarisasi guru pendidik 4
kompetensi: akademik, professional, personal, dan sosiointerpersonal (social).
Standar-standar
seleksi misalnya: - Umur - Keterampilan Komunikasi - Kesehatan fisik - Motivasi
- Pendidikan - Minat - Pengalaman - Sikap dan nialai-nilai - Tujuan-tujuan -
Kesehatan mental - Penampilan - Kepantasan bekerja di Dunia Pendidikan -
Pengetahuan Umum - Faktor lain yang ditetapkan penguasa
a)
d.Mengadakan
perekrutan anak usia dini yang akan mengikuti PAUD.
b)
e.Mengenalkan
anak pada lingkungan dimana mereka akan belajar.
c)
f.Merencanakan
bagaimana atau kurikulum yang akan digunakan dalam PAUD.
d)
g.Merencanakan
strategi dalam pembelajaran secara umum.
e)
h.Merencanakan
evaluasi belajar.
i.Merencanakan
pengadaan tindak lanjut dari hasil evaluasi.
Setelah
diadakan perencanaan yaitu langkah selanjutnya pengorganisasian, pengorganisasian
adalah pengelompokan sesuai dengan bidangnya atau sesuai dengan yang dibutuhkan
dalam kelanjaran PAUD.
Pengorganisasian
meliputi: Mengelompokkan guru yang akan mengajar siswa dengan usia misalkan
3-4th, 5-6th, mengelompokkan siswa dengan anak laki-laki sendiri, anak
perempuan sendiri duduknya lebih baik dipisah atau bagaimana, pengelompokan
piket anak suapa anak dapat mengenal istilah bersih itu sehat.
Langkah
atau fungsi manajemen selanjutnya adalah pengolahan, kepemimpian, actuating.
Yaitu dalam langkah inilah terlaksananya/berlangsungnya proses PAUD dengan
sesuai prosedur yang telah dibangun bersama dengan tetap memperhatikan tujuan
utama dalam PAUD.
Langkah
yang terakir adalah pengendalian/controlling/evakluasi, dengan semua keinginan,
rencana telah terlaksana maka tetap harus diadakan pengendalian/evaluasi dimana
untuk mengetahui tingkat keberhasilan serta untuk tidakan selanjutnya apabila
ada suatu masalah dalam proses atau sebagainya.
Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini ~ Akreditasi Paud Pnf >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini ~ Akreditasi Paud Pnf >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini ~ Akreditasi Paud Pnf >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK