Recent Tube

MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI


MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI


Seperti halnya dengan suatu orgaisasi bahwa untuk menjalankan suatu organisasi perlunya suatu manajemen organisasi, begitu pula pendidikan anak usia dini memerlukan manajemen untuk mengatur supaya berjhalan dengan baik.
Manajemen PAUD dilaksanakan sesui dengan funsi manajemen yaitu :
1.Perencanaan
2.Pengorganisasian
3.Kepemimpian atau actuating
4.Pengendalian/ Evaluasi
Penjabaranya adalah:
Perencanaan: meliputi merencanakan bagaimana struktur, apa apa yang akan dilakukan dalam mengelola PAUD dengan dilandasi dasar – dasar pembuatan/pendidrian PAUD pada umumnya serta stadndarisasi PAUD yang telah ditetapkan olejh pemerintah secara umum.

Perencanaan paud seperti:
a)    a.Merencanakan pendirian sekolah PAUD.
b)    b.Menyiapkan surat izin kelembagaan beserta persyaratannya.
c)    c.Mengadakan perekrutan guru untuk PAUD sesuai dengan standarisasi guru pendidik 4 kompetensi: akademik, professional, personal, dan sosiointerpersonal (social).
Standar-standar seleksi misalnya: - Umur - Keterampilan Komunikasi - Kesehatan fisik - Motivasi - Pendidikan - Minat - Pengalaman - Sikap dan nialai-nilai - Tujuan-tujuan - Kesehatan mental - Penampilan - Kepantasan bekerja di Dunia Pendidikan - Pengetahuan Umum - Faktor lain yang ditetapkan penguasa
a)    d.Mengadakan perekrutan anak usia dini yang akan mengikuti PAUD.
b)    e.Mengenalkan anak pada lingkungan dimana mereka akan belajar.
c)    f.Merencanakan bagaimana atau kurikulum yang akan digunakan dalam PAUD.
d)    g.Merencanakan strategi dalam pembelajaran secara umum.
e)    h.Merencanakan evaluasi belajar.
i.Merencanakan pengadaan tindak lanjut dari hasil evaluasi.
Setelah diadakan perencanaan yaitu langkah selanjutnya pengorganisasian, pengorganisasian adalah pengelompokan sesuai dengan bidangnya atau sesuai dengan yang dibutuhkan dalam kelanjaran PAUD.
Pengorganisasian meliputi: Mengelompokkan guru yang akan mengajar siswa dengan usia misalkan 3-4th, 5-6th, mengelompokkan siswa dengan anak laki-laki sendiri, anak perempuan sendiri duduknya lebih baik dipisah atau bagaimana, pengelompokan piket anak suapa anak dapat mengenal istilah bersih itu sehat.
Langkah atau fungsi manajemen selanjutnya adalah pengolahan, kepemimpian, actuating. Yaitu dalam langkah inilah terlaksananya/berlangsungnya proses PAUD dengan sesuai prosedur yang telah dibangun bersama dengan tetap memperhatikan tujuan utama dalam PAUD.
Langkah yang terakir adalah pengendalian/controlling/evakluasi, dengan semua keinginan, rencana telah terlaksana maka tetap harus diadakan pengendalian/evaluasi dimana untuk mengetahui tingkat keberhasilan serta untuk tidakan selanjutnya apabila ada suatu masalah dalam proses atau sebagainya.

1 Post a Comment:

  1. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini ~ Akreditasi Paud Pnf >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini ~ Akreditasi Paud Pnf >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini ~ Akreditasi Paud Pnf >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete