Nomor: 236/K/TU/II/2019
Dalam rangka memenuhi kebutuhan Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF), kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara untuk mengikuti Seleksi Calon Asesor BAN PAUD dan PNF Tahun 2019.
A. Syarat Pendaftaran:
1. Sekurang-kurangnya berkualifikasi akademik S1 (semua jurusan);
2. Berdomisili di wilayah provinsi yang membuka rekrutmen asesor (lihat Tabel 1);
3. Memiliki kemampuan IT dan mampu mengoperasikan MS Office;
4. Memiliki pengalaman kerja/pengalaman yang terkait di bidang PAUD dan PNF (seperti: pendidik/tenaga kependidikan PAUD/PNF, dosen PAUD/PNF, Pamong Belajar, peneliti PAUD/PNF, pendiri satuan PAUD/PNF, ketua/pengurus organisasi mitra PAUD/PNF, penulis buku/modul yang terkait PAUD/PNF, narasumber/pembicara terkait PAUD/PNF, juri/tim teknis terkait PAUD/PNF);
5. Sehat Jasmani dan Rohani;
6. Tidak sedang:
a. menjabat sebagai staf sekretariat BAN PAUD dan PNF Provinsi (BAN-P);
b. menjabat jabatan struktural di dalam pemerintahan;
c. menjadi asesor atau anggota BAN S/M atau BAN PT;
7. Berusia minimal 27 tahun, maksimal 60 tahun pada saat mendaftar;
8. Surat Izin dari pimpinan tempat bekerja (jika pegawai/karyawan, baik negeri maupun swasta); dan
9. Menandatangani Pakta Integritas (jika sudah dinyatakan lulus sebagai asesor BAN PAUD dan PNF).
1. Seleksi administrasi melalui kelengkapan isian e-formdan portofolio;
2. Masa penerimaan pengaduan masyarakat secara online;
3. Seleksi kompetensi melalui Tes Potensi Akademik (TPA) secara online; dan
4. Seleksi kompetensi melalui Pelatihan Calon Asesor (PCA).
C. Tata cara pendaftaran:
1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://seleksi.banpaudpnf.or.id
2. Mengajukan lamaran dengan mengisi blangko e-form secara lengkap serta melampirkan (mengunggah) dokumen pendukung berupa fotokopi elektronik (scan) yang diminta pada item-item yang relevan.
Bukti fisik dokumen yang harus disiapkan dan diunggah meliputi:
a. Semua ijazah perguruan tinggi yang dimiliki;
b. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
c. Surat Keputusan (SK)/ Surat Keterangan/Piagam Penghargaan yang membuktikan portofolio pengalaman kerja atau pengalaman yang terkait di bidang PAUD dan PNF (fotokopi elektronik berkas portofolio dalam bentuk PDF maksimal 5 MB);
d. Surat keterangan sehat dari dokter;
e. Daftar riwayat hidup (curriculum vitae);
f. Tulisan singkat dengan tema “Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Akreditasi
PAUD dan PNF” (maksimal 500 kata, huruf Arial, ukuran font 12, dan spasi 1.5);
g. Surat Izin dari pimpinan tempat bekerja (jika pegawai/karyawan, baik negeri maupun swasta)
h. Surat pernyataan bermaterai cukup yang menyatakan:
1) Memiliki kemampuan IT dan mampu mengoperasikan MS Office;
2) Tidak sedang menjabat sebagai staf sekretariat BAN PAUD dan PNF Provinsi;
3) Tidak sedang menjabat jabatan struktural di dalam pemerintahan;
4) Tidak sedang menjadi asesor dan Anggota BAN S/M atau BAN PT;
5) Kesediaan mengikuti pelatihan calon asesor jika lulus seleksi administrasi dan tes kompetensi;
D. Ketentuan Kelulusan
1. Seleksi Tahap I: Pengecekkan Administrasi (pra syarat)
Peserta yang tidak mengisi secara lengkap blangko e-formdan/atau tidak mengunggah fotokopi elektronik dokumen persyaratan/portofolio yang diminta tidak akan diproses lebih lanjut dan dinyatakan gugur.
2. Seleksi Tahap II: Penilaian Portofolio dan Tulisan Singkat
Peserta yang dinyakan lulus ditetapkan berdasarkan sistem pemering-katan sesuai dengan kebutuhan setiap BAN-P maksimal 2 (dua) kali lipat dari kebutuhan setiap BAN-P dan diikutkan pada seleksi berikutnya.
3. Seleksi Tahap III: Kompetensi melalui Tes Potensi Akademik (TPA) secara online. TPA online disediakan dan dijadwalkan oleh BAN PAUD dan PNF (lihat Tabel 2). Dilaksanakan di BAN-P atau ditempat masing-masing calon asesor
Peserta yang dinyatakan lulus ditetapkan berdasarkan sistem pemeringkatan sesuai dengan kebutuhan setiap BAN-P, dan diikutkan pada tahap seleksi pelatihan calon asesor;
4. Seleksi Tahap IV: Kompetensi melalui Pelatihan Calon Asesor.
Peserta yang dinyatakan lulus ditetapkan berdasarkan persyaratan kehadiran, partisipasi, dan hasil tes pelatihan dengan sistem pemeringkatan sesuai kebutuhan setiap BAN-P.
Peserta yang dinyatakan lulus ditetapkan sebagai asesor BAN PAUD dan PNF.
E. Kebutuhan Asesor dan Jadwal Kegiatan
1. Kebutuhan Asesor Baru Tahun 2019
Tabel 1. Kebutuhan Asesor Baru BAN PAUD dan PNF Tahun 2019
BAN PAUD dan PNF | Kebutuhan | Wilayah | ||||||||||||
Pelaksanaan | ||||||||||||||
No | Provinsi | Asesor | Jumlah | |||||||||||
Pelatihan Calon | ||||||||||||||
(BAN-P) | Baru | |||||||||||||
Asesor | ||||||||||||||
1 | Aceh | 42 | BAN PAUD dan PNF | |||||||||||
98 Peserta | Provinsi Sumatera | |||||||||||||
2 | Sumatera Utara | 56 | ||||||||||||
Utara | ||||||||||||||
BAN PAUD dan PNF | Kebutuhan | Wilayah | |||||||||||||
Pelaksanaan | |||||||||||||||
No | Provinsi | Asesor | Jumlah | ||||||||||||
Pelatihan Calon | |||||||||||||||
(BAN-P) | Baru | ||||||||||||||
Asesor | |||||||||||||||
3 | Riau | 102 | 102 Peserta | BAN PAUD dan PNF | |||||||||||
Provinsi Riau | |||||||||||||||
4 | Jambi | 45 | |||||||||||||
5 | Sumatera Selatan | 20 | 178 Peserta | BAN PAUD dan PNF | |||||||||||
6 | Bengkulu | 20 | Provinsi Lampung | ||||||||||||
7 | Lampung | 93 | |||||||||||||
8 | Kep. Bangka Belitung | 20 | BAN PAUD dan | ||||||||||||
9 | Kep. Riau | 2 | 97 Peserta | ||||||||||||
Provinsi DKI Jakarta | |||||||||||||||
10 | DKI Jakarta | 75 | |||||||||||||
BAN PAUD dan PNF | |||||||||||||||
11 | Jawa Barat | 194 | 194 Peserta | Provinsi Jawa Barat | |||||||||||
12 | Jawa Tengah | 173 | 186 Peserta | BAN PAUD dan PNF | |||||||||||
Provinsi Jawa Tengah | |||||||||||||||
13 | DI Yogyakarta | 13 | |||||||||||||
14 | Jawa Timur | 55 | 55 Peserta | BAN PAUD dan PNF | |||||||||||
Provinsi Jawa Timur | |||||||||||||||
15 | Banten | 60 | 60 Peserta | BAN PAUD dan PNF | |||||||||||
Provinsi Banten | |||||||||||||||
16 | Bali | 29 | BAN PAUD dan PNF | ||||||||||||
17 | Nusa Tenggara Barat | 27 | 79 Peserta | ||||||||||||
Provinsi Bali | |||||||||||||||
18 | Nusa Tenggara Timur | 23 | |||||||||||||
BAN PAUD dan PNF | |||||||||||||||
19 | Kalimantan Selatan | 65 | 65 Peserta | Provinsi Kalimantan | |||||||||||
Selatan | |||||||||||||||
20 | Kalimantan Timur | 35 | BAN PAUD dan PNF | ||||||||||||
52 Peserta | Provinsi Kalimantan | ||||||||||||||
21 | Kalimantan Utara | 17 | |||||||||||||
Timur | |||||||||||||||
22 | Sulawesi Utara | 25 | 34 Peserta | BAN PAUD dan PNF | |||||||||||
23 | Maluku Utara | 9 | Provinsi Sulawesi Utara | ||||||||||||
24 | Sulawesi Tengah | 18 | BAN PAUD dan PNF | ||||||||||||
Provinsi Sulawesi | |||||||||||||||
25 | Sulawesi Selatan | 165 | 206 Peserta | ||||||||||||
Selatan | |||||||||||||||
26 | Sulawesi Barat | 23 | |||||||||||||
BAN PAUD dan PNF | |||||||||||||||
27 | Maluku | 30 | 30 Peserta | Provinsi Maluku | |||||||||||
28 | Papua | 20 | BAN PAUD dan PNF | ||||||||||||
35 Peserta | Provinsi Papua | ||||||||||||||
29 | Papua Barat | 15 | |||||||||||||
Jumlah | 1.471 | ||||||||||||||
Tabel 2. Jadwal Kegiatan Rekrutmen Asesor Tahun 2019 | |||||||||||
No | Kegiatan | Jadwal waktu | Keterangan | ||||||||
1 | Pengumuman pendaftaran | Mulai 25 Februari 2019 | BAN PAUD dan PNF dan BAN | ||||||||
asesor | PAUD dan PNF Provinsi | ||||||||||
2 | Pendaftaran secara online | 1-15 Maret 2019 | BAN PAUD dan PNF Provinsi | ||||||||
(Sekretariat & Anggota) | |||||||||||
BAN PAUD dan PNF Provinsi | |||||||||||
Seleksi tahap 1: pengecekan | (Anggota dan Sekretariat). | ||||||||||
3 | 16-19 Maret 2019 | Hanya yang lulus seleksi tahap 1 | |||||||||
administrasi (prasyarat) | |||||||||||
yang dapat melanjutkan ke | |||||||||||
seleksi tahap 2 | |||||||||||
Narasumber (akademisi/ | |||||||||||
4 | Seleksi tahap 2: penilaian | 20-22 Maret 2019 | birokrasi/praktisi), dan BAN PAUD | ||||||||
portofolio dan tulisan singkat | dan PNF Provinsi (anggota dan | ||||||||||
sekretariat) | |||||||||||
BAN PAUD dan PNF Provinsi | |||||||||||
5 | Penetapan kelulusan hasil | 22 Maret 2019 | mengirimkan berita acara hasil | ||||||||
seleksi tahap 2 | seleksi tahap 1 dan 2 ke BAN | ||||||||||
PAUD dan PNF | |||||||||||
6 | Pengumuman hasil seleksi | 23 Maret 2019 | BAN PAUD dan PNF Provinsi | ||||||||
tahap 2 | |||||||||||
7 | Masa penerimaan pengaduan | 25-29 Maret 2019 | Secara online ke BAN PAUD dan | ||||||||
masyarakat secara online | PNF | ||||||||||
25-29 Maret 2019 | |||||||||||
(sesuai jadwal wilayah | |||||||||||
masing-masing). | |||||||||||
Wilayah 1: Senin, 25 | |||||||||||
Maret 2019; | |||||||||||
Seleksi tahap 3: TPA online | Wilayah 2: Selasa, 26 | Dilaksanakan di BAN PAUD dan | |||||||||
8 | Maret 2019; | PNF Provinsi atau di tempat | |||||||||
(disiapkan oleh BAN) | |||||||||||
Wilayah 3: Rabu, 27 | masing-masing calon asesor | ||||||||||
Maret 2019; | |||||||||||
Wilayah 4: Kamis, 28 | |||||||||||
Maret 2019; | |||||||||||
Wilayah 5: Jumat, 29 | |||||||||||
Maret 2019. | |||||||||||
9 | Pengolahan data dan | 30 Maret-1 April 2019 | BAN PAUD dan PNF | ||||||||
penetapan hasil TPA | |||||||||||
10 | Penetapan peserta pelatihan | 2 April 2019 | BAN PAUD dan PNF | ||||||||
calon asesor | |||||||||||
11 | Pengumuman peserta | 4 April 2019 | BAN PAUD dan PNF | ||||||||
pelatihan calon asesor | |||||||||||
1. Pengumuman seleksi calon asesor BAN PAUD dan PNF secara formal dilakukan melalui laman http://banpaudpnf.kemdikbud.go.id
2. Panitia (BAN PAUD dan PNF serta BAN PAUD dan PNF Provinsi) tidak memungut biaya dan tidak membiayai/tidak mengganti biaya personel yang dikeluarkan oleh calon termasuk biaya perjalanan.
0 Post a Comment:
Post a Comment