Para ahli dibidang pendidikan anak usia dini memiliki pandangan dan pemahaman yang relative berbeda mengenai definisi pendidikan anak usia dini. Berikut menurut para ahli, Menurut (Adalilla, S, 2010) Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Kemudian menurut (Hasan, 2009) PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kecerdasan, daya pikir, daya cipta, emosi, spiritual, berbahasa/komunikasi, dan social. Lalu definisi lain yaitu, pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan melibatkan seluruh anak mencakup kepedulian akan perkembangan fisik, kognitif, dan social anak. Pembelajaran diorganisasikan sesuai dengan minat-minat dan gaya belajar anak (Santrock, 2007). Walaupun demikian namun pada dasarnya semua pendapat menitik beratkan pada aspek perkembangan psikilogi perkembangan anak usia dini.
Sedangkan Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1, pasal 1, butir 14 dinyatakan bahwa “Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan ruhani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut".
Namaun dalam hal ini, penulis akan menyajikan konten kurikulum secara singkat dan jelas dalam bentuk buku-buku praktis, baik yang dibuat oleh Mendikbud maupun yang telah dipalikasikan dibeberapa sekolah :
Berikut Adalah daftar Pedoman untuk PAUD
- Buku Kurikulum 2013 PAUD
- Kerangka Dasar, Struktur K13 PAUD
- Buku Pedoman Kurikulum 2013 PAUD
- Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD K13
- Buku Pedoman Pembelajaran PAUD K13
- Pedoman Pengembangan Tema PAUD K13
- Pedoman Penilaian PAUD Kurikulum 2013
- Buku Pedoman Penanaman Sikap PAUD K13
- Buku Pedoman Penyusunan KTSP PAUD
- Buku Pedoman Penyusunan RPP PAUD K13
- Buku Pedoman Penyusunan SOP PAUD K13
0 Post a Comment:
Post a Comment