Recent Tube

Konsep/Pengetahuan Apa Saja Yang Harus Dimiliki Instruktur Outbound

Konsep/Pengetahuan Apa Saja Yang Harus Dimiliki Instruktur Outbound


Outbound merupakan kegiatan alam yang syarat dengan suasana alam terbuka. Sesuai dengan namanya outbound dilakukan diluar ruangan, dialam terbuka seperti dilapangan, dihutan, dipersawahan, diarena wisata, perkebunan, sungai, pantai, laut dahkan ada juga yang dilaksanakan dihutan belantara. 
Instruktur Bersama Dewi Hughes 2013
copyright Picture Alam Binusa Outbound

Bagia sebagian orang atau kebanyakan dari mereka yang aktif dikegiatan para pecinta alam, pramuka, mapala, mahacita dan yang lainya, kegitan ini tentu tidak asing. Namun outbound yang belakang berkembang, sedikit memiliki perbedaan dibandingkan aktivitas yang saya sebutan diatas. Outbound umumnya bagian dari serangkaian kegitan peningkatan SDM (sumber daya manusia), yang dikemas dalam bentuk simulasi game yang menarik, menyenangkan dan menangtang. 

Tak Heran jika konten kegiatannya lebih cenderung mengaras adrenalin. Simulasi gamenya pun relatif tinggi akan resiko, misalnya main flaying fox, jembatan gantung, paralayang, naik dan turun tebing, arum jeram dan masih banyak contoh yang lainnya. Namun bukan berarti kegiatan outbound isinya itu-itu aja, sperti yang saya bilang bahwa ini umumnya serangkaian kegiatan SDM yang konsepnya lebih bnayk dilakukan dialam terbuka.

Lumrahnya game pada kegitan outboun ada 4 (empat) konsep utama yakni : Team Building, Team Work, Team Leadership, Cavasity Building. Ini tidak jadi patokan mutlak, tapi saya pribadi lebih sering menerapkan konsep ini. Selama berkarir menggeluti dunia outbound saya bersama tim biasanya tidak lepas dari empat patokan ini.

Ke-4 (empat) patokan konsep tersebut diaplikasi kedalam 3 kategori oprasional kongkrit yaitu Fun Game, Center Game dan Post Game. Dari masing-masing kategori barulah dimasukan ke 4 empat konsep tadi sesuai dengan tema kegiatan dan output yang ingi dicapai dari kegiatan outbound tersebut. Kalau saya biasanya masing-masing kategor disi oleh 5 game sesuai dengan tahapan waktu dengan durasi yang pleksibel, karena biasanya outbound pemilihan gamenya sangat disesuaiken dengan kondisi lapangan.

Kembali lagi kepembahasan 4 (empat) konsep utama permainan yang biasa dilakukan dalam outbound. Saya share satu persatu;

Team Buiding Excelent Parent Great Kids TK Buddis Jawanti 
Rantauprapat Labuhanbatu Sumut 2018
copyright Picture Alam Binusa Outbound

Pertama Team Building 
Kegiatan ini bertujuan menstimulasi kemampuan personal dalam tim, baik tim kecil maupun tim besar, karakter individu akan terbawa kedalam kelompok tentunya dalam konsep membangun dirinya dan membangunkelompoknya. Apabila hal ini direalisasikan dalam kegitan lingkungan kerja, kantor dimana ia beraktivitas atau dalam uniti tim perusahan, simulasi ini sangat relevan dan bisa berdampak signifikan terhadap prilaku kerja. Saya tidak akan membahas secara konsep dan teorinya, dalam hal ini bagaimana individu distimulasi dala berbagi kegiatan outbound melalui game kelompok, lebih jelasnya nanti bisa dipelajari di artikel berikut.
Team Work  Excelent Kids TK ROBBANI
Rantauprapat Labuhanbatu Sumut 2018
copyright Picture Alam Binusa Outbound

Kedua adalah Team Work
Secara Konsep Team work bisa diartikan kerja tim atau kerjasama, team work atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. Harus disadari bahwa teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut bukanlah tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, bukan pula tujuan dari pribadi yang paling populer di tim. sumber dikutif dari, "kompasiana.com". 

Ketiga Yaitu Team Leadership
Kepemimpinan kolektif dalam sebuah tim akan sangat terpengaruh oleh masing-masing induvidu yang dala kelompok. Egoisme, super ego dan karakter kuasa akan lekat dalam sebuah tim. Namun dalam game yang dikemas dalam kegiatan outbound, hal ini sebisa mungkin harus dilebur, walaupun hal ini hanya sebagai simulasi tetapi dampaknya akan terlihat, kepemimpinan isu yang yang sensitif dalam uniti tim, namun karena suasana outboun yang dibawakan secara fun hal ini akan terasa lebih mencair. Bagai mana mengelola kegiatan outbound dengan konsep Leadership Team nanti bisa dipelajari disini.

Cavasity Buiding The Great Kids TK Buddis Jawanti 
Rantauprapat Labuhanbatu Sumut 2018
copyright Picture Alam Binusa Outbound
Kempat Yakni Cavasity Building
Secara umum konsep capacity building dapat dimaknai sebagai proses membangun kapasitas individu, kelompok atau organisasi. Capacity building dapat juga diartikan sebagai upaya memperkuat kapasitas individu, kelompok atau organisasi yang dicerminkan melalui pengembangan kemampuan, ketrampilan, potensi dan bakat serta penguasaan kompetensi-kompetensi sehingga individu, kelompok atau organisasi dapat bertahan dan mampu mengatasi tantangan perubahan yang terjadi secara cepat dan tak terduga. Capacity building dapat pula dimaknai sebagai proses kreatif dalam membangun kapasitas yang belum nampak.


Bagaimana Menerapkan Konsep Ini Kedalam Simulasi Gamenya?

Sesuai dengan ulasan tadi diatas pada masing-masing kategori kita masukan permainan yang muatan dan konten tujuannya terdapat dalam empat konsep utama. Misalnya 

Pada Kategori Fun Game. Kegiatan dimulai dari Ice Breaking yang sangat menyenakang, permainan-permainan senam, simulasi, permainan tradisional dan modern bisa jadi pembuka kegiatan awal, agar secara psikologis instrukter dengan perserta, kemudian peserta dengan sesama perserta lebih mencair.

Team Buiding Excelent Parent Great Kids TK Buddis Jawanti 
Rantauprapat Labuhanbatu Sumut 2018
copyright Picture Alam Binusa Outbound

Lalu Pada Center Game.
Pada center geme peserta biasnya sudah bermain berdasarkan kelompok, sehingga permainan bisa dilakukan secara kompetisi kelompok agar peserta merasa lebih termotivasi.  Secara lengkap bagaimana pengelolaan peserta dalam bentuk kelompok pada Center Game, nanti bisa dipelajari disini.

Kemudian Post Game
Pada post game peserta seperti pada center game artinya mereka bermain dalam kelompok, misalnya saja main Flaying Pox, Spiderweb, Higt Roope Dll. Ini dimainkan oleh peserta secara kelompok. nanti kita pelajari lebih lengkap tentang pengelolaan Game Post pada outbound disini.

Kurang lebihnya seperti itulah, semoga informasi ini walaupun sedikit dan sederhana, tetapi mudah-mudahan memberi manfaat. Jika ada yang ingin bertanya atau ngobrol seputar outbound kita biasa diskusikan siapa tau saya bias menambah pengetahuan dan pengalaman teman-teman. Sekian dulu artikel kali ini.

Wassalamualaikum, Wr.Wb
Salam Alam Binusa Outbound 


0 Post a Comment:

Post a Comment