Recent Tube

Lampiran 1

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
PROGRAM PAKET A

01. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

A.    Latar Belakang

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, di Satuan pendidikan nonformal penyelenggara pendidikan kesetaraan maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang pendidikan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

  1. lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
  2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
  3. memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul  dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur pendidikan, orang tua peserta didik dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di Paket A bertujuan untuk:
1.      menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2.      mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas kependidikan.

C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
  1. Al-Qur’an dan Hadits
  2. Aqidah
  3. Akhlak
  4. Fiqih
  5. Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.


D. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
1.      Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2.      Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar
3.      Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta  menghindari perilaku tercela
4.      Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
5.      Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam keh

E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Tingkatan      :  I
Derajat           :  Awal
Setara             :  Kelas I  s.d  III    SD/MI
Bobot  SKK   :  9



 
 






Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1.      Menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan

1.1         Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2         Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
2.      Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek pilihan
2.1         Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
2.2         Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
2.3         Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar
3.      Menghafal Al Qur’an

3.1         Mengenal huruf Hijaiyah
3.2         Mengenal tanda baca (harakat)
4.      Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan
4.1         Membaca huruf hijaiyah bersambung
4.2         Menulis huruf hijaiyah bersambung
5.      Mengenal kalimat dalam Al Qur’an
5.1         Membaca kalimat dalam Al Qur’an
5.2         Menulis kalimat dalam Al Qur’an
6.      Mengenal ayat-ayat AlQur’an
6.1         Membaca huruf  Al Qur’an
6.2         Menulis huruf Al Qur’an
Aqidah
7.      Mengenal Rukun Iman

7.1         Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
7.2         Menyebutkan enam Rukun Iman
7.3         Menghafal enam Rukun Iman




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
8.         Mengenal dua kalimat syahadat
8.1         Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul
8.2         Menghafal dua kalimat syahadat
8.3         Mengartikan dua kalimat syahadat
9.          Mengenal Asmaul Husna
9.1         Menyebutkan lima  dari Asmaul Husna
9.2         Mengartikan lima  dari Asmaul Husna
10.      Mengenal Asmaul    Husna
10.1     Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
10.2     Mengartikan lima dari Asmaul Husna
11.      Mengenal sifat wajib Allah
11.1     Menyebutkan lima sifat wajib Allah
11.2     Mengartikan lima sifat wajib Allah
12.      Mengenal sifat mustahil Allah
12.1     Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT
12.2     Mengartikan sifat mustahil Allah SWT
Ahlak
13.      Membiasakan perilaku terpuji

13.1     Membiasakan perilaku jujur
13.2     Membiasakan perilaku bertanggung jawab
13.3     Membiasakan perilaku hidup bersih
13.4     Membiasakan perilaku disiplin
14.      Membiasakan perilaku terpuji
14.1     Menampilkan perilaku rajin
14.2     Menampilkan perilaku tolong-menolong
14.3     Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua
14.4     Menampilkan adab makan dan minum
14.5     Menampilkan adab belajar
15.     Mencontoh perilaku terpuji

15.1     Menampilkan perilaku rendah hati
15.2     Menampilkan perilaku hidup sederhana
15.3     Menampilkan adab buang air besar dan kecil



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
16.     Membiasakan perilaku terpuji
16.1     Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada tenaga kependidikan
16.2     Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga
17.     Membiasakan perilaku terpuji
17.1     Menampilkan perilaku percaya diri
17.2     Menampilkan perilaku tekun     
17.3     Menampilkan perilaku hemat
18.     Membiasakan perilaku terpuji
18.1     Menampilkan perilaku setia kawan
18.2     Menampilkan perilaku kerja keras
18.3     Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan
18.4     Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan
Fiqih

19.     Mengenal tatacara bersuci (thaharah)
19.1     Menyebutkan pengertian bersuci
19.2     Mencontoh tatacara bersuci
20.     Mengenal Rukun Islam
20.1     Menirukan ucapan Rukun Islam
20.2     Menghafal Rukun Islam
21.     Membiasakan bersuci (thaharah) 
21.1     Menyebutkan tata cara berwudlu
21.2     Mempraktekkan tata cara berwudlu
22.     Mengenal tatacara wudhu
22.1     Membiasakan wudhu dengan tertib
22.2     Membaca do’a setelah berwudlu
23.     Menghafal bacaan shalat
23.1     Melafalkan bacaan shalat
23.2     Menghafal bacaan shalat



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
24       Membiasakan shalat secara tertib
24.1     Mencontoh gerakan shalat
24.2     Mempraktekkan shalat secara tertib
25       Melaksanakan shalat dengan tertib
25.1     Menghafal bacaan shalat
25.2     Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan       shalat
26       Melakukan shalat fardhu
26.1     Menyebutkan shalat fardhu
26.2     Mempraktikkan shalat fardhu




































Tingkatan      :  II
Derajat           :  Dasar
Setara             :  Kelas IV s.d  VI   SD/MI
Bobot  SKK   :  9



 
 








Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1.         Membaca surat-surat Al Qur’an

1.1         Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2         Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar
2.         Membaca surat-surat Al Qur’an
2.1         Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
2.2         Membaca QS An-Nashr dengan lancar
2.3         Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar
3.         Mengartikan  Al Qur’an surat pendek pilihan
3.1         Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
3.2         Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
4.         Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan
4.1         Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
4.2         Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil
5.         Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan
5.1         Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
5.2         Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
6.         MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan
6.1     Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
6.2      Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-  Hujurat ayat 13
Aqidah
7.         Mengenal sifat jaiz   Allah SWT

7.1         Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
7.2         Mengartikan sifat jaiz Allah SWT



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
8.         Mengenal Malaikat dan tugasnya
8.1         Menjelaskan pengertian Malaikat
8.2         Menyebutkan nama-nama Malaikat
8.3         Menyebutkan tugas-tugas Malaikat
9.         Mengenal kitab-kitab Allah SWT
9.1         Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
9.2         Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
9.3         Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci  terakhir
10.     Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT
10.1     Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
10.2     Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi  dari para Rasul
10.3     Membedakan Nabi dan Rasul
11.     Meyakini adanya  Hari Akhir
11.1     Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
11.2     Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir
12.     Meyakini adanya Qadha dan Qadar
12.1     Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
12.2     Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
Tarikh
13.     Menceritakan kisah Nabi

13.1     Menceritakan kisah Nabi Adam AS
13.2     Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
13.3     Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

14.     Menceritakan kisah Nabi

14.1     Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
14.2     Menceritakan kisah Nabi Ismail AS






Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
15.     Menceritakan kisah Nabi
15.1     Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
15.2     Menceritakan kisah Nabi Musa AS
15.3     Menceritakan kisah Nabi Isa AS
16.     Menceritakan kisah Sahabat Nabi
16.1     Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA
16.2     Menceritakan kisah Umar bin Khattab RA
17.     Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kadzab
17.1     Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
17.1     Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab
18.     Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar
18.1     Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
18.2     Menceritakan perjuangan kaum Anshar

19.     Membiasakan perilaku terpuji
19.1     Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
19.2     Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
20.     Membiasakan perilaku terpuji
20.1     Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
20.2     Meneladani Nabi Ismail AS
21.     Membiasakan perilaku terpuji
21.1     Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
21.2     Meneladani perilaku Nabi Musa AS
21.3     Meneladani perilaku Nabi Isa AS
22.     Membiasakan perilaku terpuji
22.1     Meneladani perilaku Khalifah Abubakar RA
22.2     Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA
Akhlak
23.     Menghindari perilaku tercela

23.1     Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
23.2     Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
24.     Membiasakan perilaku terpuji
24.1     Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
24.2     Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
Fiqih
25.     Mengenal ketentuan-ketentuan shalat

25.1     Menyebutkan rukun shalat
25.2     Menyebutkan sunnat shalat
25.3     Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
25.4     Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat
26.     Melaksanakan dzikir dan do’a
26.1     Melakukan dzikir setelah shalat
26.2     Membaca do’a setelah shalat
27.     Mengumandangkan
 adzan dan iqamah
27.1     Melafalkan lafal adzan dan iqamah
27.2     Mengumandangkan adzan dan iqamah
28.     Mengenal puasa wajib
28.1     Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
28.2     Menyebutkan hikmah puasa
29.     Mengenal ibadah pada
 bulan Ramadhan
29.1     Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan
29.2     Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an
30.     Mengetahui kewajiban zakat
30.1     Menyebutkan macam-macam zakat
30.2     Menyebutkan ketentuan zakat fitrah

F.    Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat kompetensi yang dimaksud.  Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


0 Post a Comment:

Post a Comment