STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
PROGRAM PAKET A
01. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, di Satuan pendidikan nonformal penyelenggara pendidikan kesetaraan maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang pendidikan yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
- memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur pendidikan, orang tua peserta didik dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di Paket A bertujuan untuk:
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas kependidikan.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Al-Qur’an dan Hadits
- Aqidah
- Akhlak
- Fiqih
- Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
1. Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2. Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar
3. Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela
4. Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
5. Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam keh
E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an 1. Menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan | 1.1 Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar 1.2 Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar |
2. Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek pilihan | 2.1 Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar 2.2 Menghafal QS An-Nashr dengan lancar 2.3 Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar |
3. Menghafal Al Qur’an | 3.1 Mengenal huruf Hijaiyah 3.2 Mengenal tanda baca (harakat) |
4. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan | 4.1 Membaca huruf hijaiyah bersambung 4.2 Menulis huruf hijaiyah bersambung |
5. Mengenal kalimat dalam Al Qur’an | 5.1 Membaca kalimat dalam Al Qur’an 5.2 Menulis kalimat dalam Al Qur’an |
6. Mengenal ayat-ayat AlQur’an | 6.1 Membaca huruf Al Qur’an 6.2 Menulis huruf Al Qur’an |
Aqidah 7. Mengenal Rukun Iman | |
7.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya 7.2 Menyebutkan enam Rukun Iman 7.3 Menghafal enam Rukun Iman |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
8. Mengenal dua kalimat syahadat | 8.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul 8.2 Menghafal dua kalimat syahadat 8.3 Mengartikan dua kalimat syahadat |
9. Mengenal Asmaul Husna | 9.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna 9.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna |
10. Mengenal Asmaul Husna | 10.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna 10.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna |
11. Mengenal sifat wajib Allah | 11.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah 11.2 Mengartikan lima sifat wajib Allah |
12. Mengenal sifat mustahil Allah | 12.1 Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT 12.2 Mengartikan sifat mustahil Allah SWT |
Ahlak 13. Membiasakan perilaku terpuji | 13.1 Membiasakan perilaku jujur 13.2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab 13.3 Membiasakan perilaku hidup bersih 13.4 Membiasakan perilaku disiplin |
14. Membiasakan perilaku terpuji | 14.1 Menampilkan perilaku rajin 14.2 Menampilkan perilaku tolong-menolong 14.3 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua 14.4 Menampilkan adab makan dan minum 14.5 Menampilkan adab belajar |
15. Mencontoh perilaku terpuji | 15.1 Menampilkan perilaku rendah hati 15.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana 15.3 Menampilkan adab buang air besar dan kecil |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
16. Membiasakan perilaku terpuji | 16.1 Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada tenaga kependidikan 16.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga |
17. Membiasakan perilaku terpuji | 17.1 Menampilkan perilaku percaya diri 17.2 Menampilkan perilaku tekun 17.3 Menampilkan perilaku hemat |
18. Membiasakan perilaku terpuji | 18.1 Menampilkan perilaku setia kawan 18.2 Menampilkan perilaku kerja keras 18.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan 18.4 Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan |
Fiqih | |
19. Mengenal tatacara bersuci (thaharah) | 19.1 Menyebutkan pengertian bersuci 19.2 Mencontoh tatacara bersuci |
20. Mengenal Rukun Islam | 20.1 Menirukan ucapan Rukun Islam 20.2 Menghafal Rukun Islam |
21. Membiasakan bersuci (thaharah) | 21.1 Menyebutkan tata cara berwudlu 21.2 Mempraktekkan tata cara berwudlu |
22. Mengenal tatacara wudhu | 22.1 Membiasakan wudhu dengan tertib 22.2 Membaca do’a setelah berwudlu |
23. Menghafal bacaan shalat | 23.1 Melafalkan bacaan shalat 23.2 Menghafal bacaan shalat |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
24 Membiasakan shalat secara tertib | 24.1 Mencontoh gerakan shalat 24.2 Mempraktekkan shalat secara tertib |
25 Melaksanakan shalat dengan tertib | 25.1 Menghafal bacaan shalat 25.2 Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan shalat |
26 Melakukan shalat fardhu | 26.1 Menyebutkan shalat fardhu 26.2 Mempraktikkan shalat fardhu |
|
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an 1. Membaca surat-surat Al Qur’an | 1.1 Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar 1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar |
2. Membaca surat-surat Al Qur’an | 2.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar 2.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar 2.3 Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar |
3. Mengartikan Al Qur’an surat pendek pilihan | 3.1 Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun 3.2 Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun |
4. Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan | 4.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil 4.2 Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil |
5. Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan | 5.1 Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5 5.2 Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5 |
6. MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan | 6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13 6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al- Hujurat ayat 13 |
Aqidah 7. Mengenal sifat jaiz Allah SWT | 7.1 Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT 7.2 Mengartikan sifat jaiz Allah SWT |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
8. Mengenal Malaikat dan tugasnya | 8.1 Menjelaskan pengertian Malaikat 8.2 Menyebutkan nama-nama Malaikat 8.3 Menyebutkan tugas-tugas Malaikat |
9. Mengenal kitab-kitab Allah SWT | 9.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT 9.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT 9.3 Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir |
10. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT | 10.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT 10.2 Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul 10.3 Membedakan Nabi dan Rasul |
11. Meyakini adanya Hari Akhir | 11.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir 11.2 Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir |
12. Meyakini adanya Qadha dan Qadar | 12.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar 12.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar |
Tarikh 13. Menceritakan kisah Nabi | 13.1 Menceritakan kisah Nabi Adam AS 13.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW 13.3 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW |
14. Menceritakan kisah Nabi | 14.1 Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS 14.2 Menceritakan kisah Nabi Ismail AS |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
15. Menceritakan kisah Nabi | 15.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS 15.2 Menceritakan kisah Nabi Musa AS 15.3 Menceritakan kisah Nabi Isa AS |
16. Menceritakan kisah Sahabat Nabi | 16.1 Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA 16.2 Menceritakan kisah Umar bin Khattab RA |
17. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kadzab | 17.1 Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal 17.1 Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab |
18. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar | 18.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin 18.2 Menceritakan perjuangan kaum Anshar |
19. Membiasakan perilaku terpuji | 19.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS 19.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW |
20. Membiasakan perilaku terpuji | 20.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS 20.2 Meneladani Nabi Ismail AS |
21. Membiasakan perilaku terpuji | 21.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS 21.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS 21.3 Meneladani perilaku Nabi Isa AS |
22. Membiasakan perilaku terpuji | 22.1 Meneladani perilaku Khalifah Abubakar RA 22.2 Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA |
Akhlak 23. Menghindari perilaku tercela | 23.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal 23.2 Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
24. Membiasakan perilaku terpuji | 24.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik 24.2 Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik |
Fiqih 25. Mengenal ketentuan-ketentuan shalat | 25.1 Menyebutkan rukun shalat 25.2 Menyebutkan sunnat shalat 25.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat 25.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat |
26. Melaksanakan dzikir dan do’a | 26.1 Melakukan dzikir setelah shalat 26.2 Membaca do’a setelah shalat |
27. Mengumandangkan adzan dan iqamah | 27.1 Melafalkan lafal adzan dan iqamah 27.2 Mengumandangkan adzan dan iqamah |
28. Mengenal puasa wajib | 28.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan 28.2 Menyebutkan hikmah puasa |
29. Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan | 29.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan 29.2 Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an |
30. Mengetahui kewajiban zakat | 30.1 Menyebutkan macam-macam zakat 30.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah |
F. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat kompetensi yang dimaksud. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 Post a Comment:
Post a Comment