Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
A. Latar Belakang
Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendudung pendidikan sepanjang hayat.
Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam disempurnakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam secara nasional. Saat ini kesejahteraan bangsa tidak hanya bergantung pada sumber daya alam dan modal yang bersifat fisik, tetapi bersumber pada modal intelektual, social dan kepercayaan (kridibilitas). Dengan demikian tuntutan untuk terus menerus memutakhirkan Ilmu Pengetahuan Alam menjadi suatu keharusan.
Pengembangan kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi. Ilmu pengetahuan, dan tehnologi, sera tuntutan desenteralisasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keterkaitan (relevansi)program pembelajaran dengan keadaan dan kebutuhan setempat. Kompetensi Ilmu Pengetahuan Alam menjamin pertumbuhan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Es, penguasaan kecakapan hidup, penguasaan perinsip prinsip alam, kemampuaan bekerja dan bersikap ilmiah sekaligus pengembangan kepribadian Indonesia yang kuat dan berakhlak mulia.
Pendekatan yang digunakan dalm pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berorentasi pada peserta didik, oleh karena itu memperkaya pengalaman belajar peserta didik sangat ditekankan. Pengalaman belajar diperoleh melalui serangkaian kegiatan untuk mengekspoloresi lingkungan melalui interaksi aktif dengan teman, lingkungan, dan nara sumber lain.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan cara mencari tuhu tentang alam secara sistimatik untuk menguasai pengetahuan, fakta fakta, konsep konsep, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam pada program Paket A bermanfaat bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam diarahkan untuk ”mencari tahu” dan ”berbuat” sehingga dapat membantu peserta didik untuk memproleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
B. Tujuan
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Program Paket A bertujuan:
- Menanamkan pengetahuan dan konsep konsep Ilmu Penhetahuan Alam yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari.
- menanamkan rasa ingin tahu dan sikap positif terhadap Ilmu Pengetahuan Alam memanfatkandan teknologi.
- Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecah masalah dan membuat keputusan.
- Ikut serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
- Mengembangkan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara Ilmu Pengetahuan Alam, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat.
- Menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Program Paket Ameliputi:
- Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan.
- Benda dan Sifatnya.
- Energi dan Perubahannya.
- Bumi dan Alam Semesta.
D. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
- Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan tertulis
- Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya
- Memahami bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup
- Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan kegunaannya
- Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
- Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia
E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
|
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan | |
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya | 1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya 1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat) 1.3 Membiasakan hidup sehat |
2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat | 2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat 2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat 2.3 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar |
3. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup | 3.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan 3.2 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman) 3.3 Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya) 3.4 Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan |
4. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup | 4.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup 4.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana 4.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga) |
5. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan | 5.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan 5.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan 5.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar |
Benda dan Sifatnya 6. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda | 6.1 Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan 6.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya 6.3 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar |
7. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya | 7.1 Mengidentifikasi ciri–ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar 7.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu 7.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan |
Energi dan Perubahannya 9. Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari | 9.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan 9.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet) |
10. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya | 10.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar 10.2 Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya |
11. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi | 11.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran 11.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari 11.3 Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya |
12. Menerapkan konsep energi gerak | 12.1 Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak 12.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari |
Bumi dan Alam Semesta 13. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia. | 13.1 Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan 13.2 Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita 13.3 Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia |
14. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari | 14.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari 14.2 Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari |
15. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam | 15.1 Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar 15.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca 15.3 Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia 15.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar |
|
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan | |
1 Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya | 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya 1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh 1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya 1.4 Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera |
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya | 2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya 2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya 2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya 2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya |
3 Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya | 3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan 3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya |
4 Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup | 4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing 4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan |
5 Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya | 5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan) 5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya |
6. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan | 6.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia 6.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah 6.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan 6.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia 6.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia |
7. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan | 7.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan 7.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan |
8. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan | 8.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup 8.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup |
9. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya | 9.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya 9.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya |
10 Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup | 10.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia 10.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan 10.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan 10.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia |
11. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan | 11.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem) 11.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan 11.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan |
12. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan | 12.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan 12.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat |
Energi dan Perubahannya 13. Memahami gaya 14. dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda | 13.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda 13.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda |
14. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari | 14.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya 14.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya 14.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut 14.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik |
15. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya | 15.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) 15.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat |
16. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model | 16.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya 16.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya |
17. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi | 17.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas) 17.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik |
18. Memahami pentingnya penghematan energi | 18.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari 18.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah) |
Bumi dan Alam Semesta 19. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit | 19.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi 19.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari |
20. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan | 20.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut) 20.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) 20.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) |
21. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat | 21.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan 21.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan 21.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan |
22. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam | 22.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan 22.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah 22.3 Mendeskripsikan struktur bumi 22.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya 22.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air 22.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan 22.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) |
23. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya | 23.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya 23.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan 23.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari 23.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah |
Benda dan Sifatnya 24. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya | 24.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu 24.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair →padat→cair; cair→gas→cair; padat→gas 24.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dan kegunaannya |
25. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses | 25.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas 25.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap |
26. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda | 26.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda 26.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas |
27 Memahami faktor penyebab perubahan benda | 27.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan 27.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari |
F. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran ini menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Seluruh materi SK dan KD pada masing-masing tingkatan/derajat dibagi ke dalam satuan kredit kompetensi (SKK) secara seimbang sebanyak yang ditentukan untuk tingkatan/derajat yang dimaksud. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 Post a Comment:
Post a Comment